MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM PEMBELAJARAN SIMPLE PRESENT TENSE KELAS VIII SMPN 2 NANGA PINOH

Juliana Emma UnlinA F25109036, Syahwani Umar, Sumarni .

Abstract


Model Pembelajaran SAVI Dalam Pembelajaran Simple Present Tense Kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui: 1).  Model rancangan pembelajaran SAVI yang relevan untuk pembelajaran Simple Present Tense siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh; 2) Penerapan model pembelajaran SAVI untuk mempelajari Simple Present Tense  siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh; 3) Hasil penerapan model pembelajaran SAVI dalam mempelajari Simple Present Tense siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nanga Pinoh .  Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Nilai SAVI dalam model rancangan pembelajaran SAVI tergambar dalam penggunaaan media kartu bolak-balik dan media audio dalam kegiatan pembelajarannya  2). Siswa secara berkelompok menggunakan kartu bolak balik untuk menyusun kata-kata acak menjadi pola kalimat atau kalimat utuh sambil mendengarkan instruksi dari media audio.  3). Siswa sangat senang belajar Simple Present Tense secara berkelompok  dengan menggunakan media kartu bolak balik dan media audio dalam model pembelajaran SAVI. Siswa tidak mengantuk, bosan, pasif atau sibuk sendiri.

Kata kunci : Model pembelajaran SAVI,  Simple Present Tense, Motivasi

Abstract: SAVI Instruction Model  In Simple Present Tense Learning On The Eight Grade of SMP N 2 Nanga Pinoh Students. This study aims to determine:  1). SAVI Instruction Design Model that is relevant for the simple present learning for the eight grade students of SMPN 2 Nanga Pinoh; 2). The application  of SAVI Instruction Design Model In Simple Present Tense Learning for the eight grade students of SMPN 2 Nanga Pinoh; 3). The result of SAVI Instruction Model application in Simple Present Tense learning. The method of this study is action research. The research was conducted in two cycles. The results of the research shows that: 1). Using Michael Flash Card and audio in learning activity of Simple Present Tense shows the values of SAVI  2). In group, the students use the cards and audio media  to arrange the jumble words into good sentences or good form of Simple Present Tense.  3). Students are happy in learning Simple Present Tense  by SAVI Instruction Model in group using cards and audio media. They were not sleepy, boring, passive, or busy with his/her own activity.

Key words: SAVI Instruction Model, Simple Present, Motivation

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.