MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SD SWASTA ERNA SANGGAU

Atik F34210205, Edy Yusmin, Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak: Judul Penelitian  ini adalah “Menemukan Ide Pokok  Paragraf menggunakan  Metode Inkuiri Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD Swasta Erna Sanggau”.Penelitian bertujuan mengungkapkan  dampak kemampuan membaca intensif dan memahami isi bacaan menggunakan metode inkuiri di kelas VI B SD Swasta Erna dalam mengatasi kesulitan siswa menemukan ide pokok. Metode penelitian yang digunakan deskriptif, bentuk penelitian surve, subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VIB SD Swasta Erna, teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi melalui pengamatan. Hasil pengamatan terdapat peningkatan kemampuan membaca intensif dari 45,31% ke 71,73% dengan kategori dari rendah ke tinggi, terdapat peningkatan kemampuan memahami isi bacaan dari 43,13% ke 73,91% dengan kategori rendah ke tinggi, terdapat peningkatan hasil belajar dari 59,34 ke 77,73 dengan kategori rendah ke tinggi. Kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran menemukan ide pokok paragraf terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Ide Pokok Paragraf, Metode Inkuiri

 

Abstract: The title of this research is to findout main idea of the paragraph using inquiry method studying Indonesian language and literature at elememtary school. The purpose of this research is to express intensive reading ability and under stand the text using inquiry method in grade VIB elementary school “Erna” to overcome students difficulties of find out main idea. The research method is descriptive, the form is surve, the subject is 23 students grade  VIB elememntary school “Erna”.The technigue of data assemble is direct observation and the tool is observation sheets. From the result: there are improvement intensive reading abilities 71,73% with high category improvement understand of text ability 73,91% with high category, improvement study result with high category. The teacher  can use inquiry method in order  to find out the main idea as well as hope.

 

Key word: Main idea of paragraph, inquiry method.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.