KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Ahmad Rasuli, Wanto Rivaie, Sulistyarini .

Abstract


the purpose of this riserch are 1. Pedagogic competence of sosiologys teacher in SMA Darut Tauhid, 2. The teacher implementation of pedagogic competence increasing student learning sucsessosiology subject in SMA Darut Tauhid 3. The obstacle elements in implementation pedagogic competence of sosiologys teacher at SMA Darut Tauhid. The method of this reasech used was descriptive method the techneque of collecting data were, observation techneque, interview technique and document. And the tools of collecting data aare observation, intreview and documentation. The analysis of this research was presented by kualitative descriptive. The result of this research showed that: 1. Pedagogic competence of sosiologys teacher in SMA Darut Tauhid improved in increasing student succses in learning sosiology, 2. Teachers implementation of pedagogic competence that sosiologys teacher had in SMA Darut Tauhid applied as lesson plan made by the teacher, 3. The obstack factors in implementing pedagogic competence of sosiologys teacher was becouse the lack of tools that could help the teacher in increasing teachers competence of sosiology

Abstrak: Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kompetensi pedagogik guru sosiologi saat ini di SMA Darut Tauhid. 2) Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi di SMA Darut Tauhid. 3) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru sosiologi di SMA Darut Tauhid. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, teknik wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan datanya adalah panduan observasi, panduan wawancara dan catatan lapangan. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sosiologi di SMA Darut Tauhid sudah cukup baik dalam usaha meningkatkan hasil belajar peserta didiknya mata pelajaran sosiologi. 2) Implementasi Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sosiologi SMA Darut Tauhid dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. 3) Faktor penghambat implementasi kompetensi pedagogik guru ialah kurangnya sarana dan prasarana yang dapat menunjang guru dalam meningkatkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru sosiologi.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil belajar, Mata pelajaran sosiologi.


Full Text:

PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.