PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GETARAN DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat efektivitas model pembelajaran generatif berbantuan eksperimen dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi getaran di kelas VIII SMP Negeri 10 Pontianak. Metode penelitian adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design yang dimodifikasi. Sampel penelitian ini adalah kelas IXE sebagai kelas eksperimen I dan kelas IXF sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang disusun menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi berjumlah 18 soal. Berdasarkan uji kesamaan dua proporsi juga diperoleh hasil Zhitung (0,09) ≤ Ztabel (1,96) yang menunjukan tidak ada perbedaan antara model pembelajaran generatif berbantuan eksperimen nyata dan model pembelajaran generatif berbantuan eksperimen virtual dalam meremediasi miskonsepsi siswa. Penerapan model pembelajaran generatif berbantuan eksperimen nyata maupun virtual dapat menurunkan jumlah miskonsepsi siswa (ES=1,55). Model pembelajaran generatif berbantuan eksperimen diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi untuk mengatasi miskonsepsi siswa.
Kata Kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Generatif, Eksperimen, Getaran
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the generative learning model with experiments in remediating students’ misconceptions on vibration in class VIII SMP Negeri 10 Pontianak. The research method was quasi experimental design with a modified nonequivalent control group design. The samples were IXE class as an experimental class I and IXF as an experimental class II. The instrument used was multiple-choice test that were prepared by using the Certainty of Response Index (CRI) modified method with a total of 18 questions. Based on the equality test of two proportions obtained Zcount (0.09) ≤ Ztable (1.96), which showed no difference between the generative learning model with real experiments and generative learning model with virtual experiments in remediating students’ misconceptions. The implementation of generative learning model with both real and virtual experiments can reduce the number of students’ misconceptions (ES = 1.55). Generative learning model with experiments is expected to be used as an alternative remediation activities to solve students' misconceptions.
Keywords: Remediation, Misconceptions, Generative, Experiment, Vibration
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats