LAYANAN PENGUASAAN KONTEN OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PONTIANAK

Irma Yulianti Br.s, Yuline ., Sri Lestari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan penguasaan konten oleh guru bimbingan dan konseling siswa pada kelas VIII SMPN 3 Pontianak. Bentuk penelitian adalah survey. Sampel penelitian ini adalah 66 siswa diambil dari keseluruhan kelas secara acak. Instrument yang digunakan berupa angket berjumlah 50 soal.. Rata-rata hasil analisis data layanan penguasaan konten pada skore aktual 2353 dan skor ideal 3300. Hasil analisis layaan penguasaan konten oleh guru bimbingan dan konseling diperoleh sebesar 71%, artinya pemberian layanan penguasaan konten oleh guru bimbingan dan  konseling kepada siswa sudah dilaksanakan dengan baik kepada siswa. Melihat hasil pengolahan maka dapat disarankan pada respon siswa bagian semangat belajarnya supaya siswa lebih aktif dalam tanya jawab mengenai pembelajaran.

 

Kata Kunci: Layanan, Penguasaan Konten, Bimbingan dan Konseling

Abstract: This purpose of this research services by content mastery teacher guidance and counseling class VIII SMPN 3 Pontianak . Form of research is the survey . The sample of this research 66 students taken from the entire class are random. Instrument used a questionnaire totaling 50 questions . Technique used data analysis, namely the formula percentage. The average results of data analysis services mastery of the content on the actual 2353 score ideal 3300. The results of analysis results by content mastery teacher guidance and counseling was obtained by 71 % , it meaans to the provision of service content mastery by the teacher guidance and counseling to students has been accomplished with kind to students. Look at the results of the processing then can recommended in response students the spirit of learning that students more active in asked the responsibility of learning.

 

Keywords : Service, The Content Of Mastery, Guidance and Counseling 

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.