PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA
Abstract
Absrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS, Matematika, Bahasa Indonesia di kelas II SDN 28 Pontianak Timur. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dilakukan oleh guru dalam kelasanya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki melaksanakan perbaikan dalam berbagai aspek pembelajaran. penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan (tatap muka). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu metode untuk menjelaskan tentang sesuatu yang diteliti. Metode deskriptif dalam penelitian menjelaskan penerapan pembelajaran tematik dan mendeskripsikan aktivitas fisik, aktivitas mental, dan aktivitas emosional peserta didik dalam mata pelajaran IPS, Matematika, dan bahasa Indonesia berdasarkan fakta-fakta yang tampak selama proses belajar mengajar di kelas II SDN 28 Pontianak Timur. Dari hasil penelitian memperlihatkan Perencanaan pendekatan tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS, Matematika, Bahasa Indonesia di kelas II SDN 28 Pontianak Timur. Pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan rumusan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan berorientasi pada keaktifan siswa.
Kata Kunci : Pendekatan Tematik, Aktivitas Belajar, Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika.
Absract : This study aims to describe the application of thematic learning can improve learning activities in social science, maths, and Indonesian language in grade II SDN 28 East Pontianak. The form of this research is classroom action research. The research conduct by the teacher in her own classroom through self-reflection, with the aim of improving implement improvements in various aspects of learning. This study is planned to be implemented in the second cycle of action, each cycle held 2 meetings (face to face). Methods used in this research is descriptive method is a method to describe something that is studied/researched. Desriptive method in this research examplains approaching thematic learning and to describe physicaly activity, mental activity, and emotional activity of students in social science subject, math, and Indonesian language based on facts that rised during learning process in grade II SDN 28 East Pontianak. From the result of research looked Thematic Approach Planning in enhance learning activity in social Sciance Subject, Maths, an Indonesian language in grade II SDN 28 East Pontianak. Learning proccess have applied thad oriented on students avtivity.
Key Words : Thematic Approach, Learning Activity, Indonesian Langguage, Social Science, and Math.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1703
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats