MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV
Abstract
Abstak : Meningkatkan proses dan hasil belajar Model Inkuiri dalam pembelajaran Daur Hidup Hewan Kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, dan untuk mengetahui proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian nya adalah, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peserta dari penelitian ini adalah guru dan siswa siswi kelas IV. Instumen penelitiannya adalah berupa tabel dan rubrik penilaian kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Dari penelitian yang telah dilakukuan, dapat di tarik kesimpulan bahwa proses belajar mengajar dengan menggunaskan Model Inkuiri telah mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata rata kemampuan guru yaitu 2.76 (66%) di Siklus I mengalami peningkatan 3.13 (79%) di Siklus II, ada peningkatan sebesar 13%. Temuan yang lain mengindikasikan bahwa nilai siswa-siswi mengalami peninkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siswa-siswi yaitu 14.80 di Siklus I, nilai mereka mengalami peningkatan 27.40 di Siklus II. Hal itu menunjukkan bahwa penerapan dari Model Inkuiri tersebut memberi pengaruh yang efektif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: proses pembelajaran, hasil belajar, model inkuiri, alat peraga.
Abstact: Developing the students study result and process by using Inquiry Model in animals metamorphosing life at Grade IV. The purpose of this research is to know development of teachers ability in the teaching and learning process, and to know the students study result and process at Grade IV. The research type is action reseach. The reseach method are, planning, action, observation and reflection. The participants of this reseach are the teacher, the students of Grade IV. The reseach instruments are the table and rubric of teachers ability in the teaching and learning process. From the action conducted, it was concluded that the teaching and learning process by using Inquiry Model has sinificantly improved. It can be seen from the teachers ability mark was 2.76 (66%) in Cycle I and 3.13 (79%) in Cycle II. So, there was an improvement mark 13%. The other findings indicated that the students mark have significantly improved. The students average mark was 14.80 in Cycle I, their average mark increased to 27.40 in Cycle II. It showed that the implementation of Inquiry Model is believed to be effective to improve the students study and process.
Key word : learning process, study result, inquiry model, teaching kid.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats