PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI
Abstract
Abstrak : Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan metode inkuiri Kelas IV SDN 01 Rasau Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan, bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 01 Rasau Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa dengan metode inkuir mengalami peningkatan pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 01 Rasau Jaya yaitu pada aktivitas fisik dari non siklus ke siklus I dan siklus II sebesar 19,96%. Pada aktivitas mental dari non siklus ke siklus I dan siklus II sebesar 24,37%. Pada aktivitas emosional dari non siklus ke siklus dan siklus II sebesar 23,09% .Berdasarkan hasil evaluasi belajar siswa yang dilakukan guru diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,68 dan ke siklus II sebesar 67,18.
Kata Kunci : Peningkatan aktivitas belajar, Metode inkuiri, Pembelajaran IPA
Abstract: Improved Student Learning Activities Science In The Inkuiry Method Class IV SDN 01 Rasau Jaya. This study aims to improve the teaching of Natural Sciences at SDN 01 Rasau Jaya Kubu Raya district. The research method used is descriptive method with qualitative approach. Type of research is action research. Based on the results of the study showed an increase in student learning activities with a inkuiry on method of learning science in Class IV SDN 01 Rasau Jaya is the physical activity of the prior non cycle to sycle I and cycle II at 19.96%. In mental activity of prior non cycle to cycle I and cycle II at 24.37%. On the emotional activity of prior non cycle to cycle I and cycle II at 23.09 %. Based on the evaluation conducted by teachers earned an average of student learning outcomes in the first cycle I is 59.68 and the second cycle of 67.18.
Keywords : Learning Activities, Inkuiry Method, Learning Science
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats