EFEKTIFITAS REMEDIASI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LISTRIK DINAMIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEBAWI
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas remediasi menggunakan Multimedia Interaktif Listrik Dinamis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sebawi. Pada penelitian ini digunakan metode Eksperimen dengan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design. Alat pengumpul data berupa tes tertulis yang berbentuk essay. Penelitian ini melibatkan 23 siswa kelas XI IPS 2 sebagai sampel yang dipilih secara Intact Group. Dari 23 siswa yang mengikuti remediasi, didapat skor rata-rata pre-test adalah sebesar 33,39 (tertinggi 45) dan skor rata-rata post-test adalah sebesar 89,69 (tertinggi 100) sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan remediasi menggunakan Multimedia Interaktif Listrik Dinamis. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t didapat t hitung = 25,34,thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan remediasi menggunakan Multimedia Interaktif Listrik Dinamis. Remediasi menggunakan Multimedia Interaktif Listrik Dinamis efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kriteria Effect Size yaitu sebesar 7,30 (berkategori tinggi).
Kata Kunci: Remediasi, Hasil Belajar, Efektifitas, Multimedia
ABSTRACT: This study aims to determine the effectiveness of remediation using Electrical Dynamic Interactive Multimedia in improving student learning outcomes in the class X SMA Negeri 1 Sebawi. This research used the method to design experiments One Group Pre-Test Post-Test Design. Data collection tool in the form of a written test in the form of essays. This study involved 23 students of class XI IPS 2 as the sample is selected by Intact Group. Of 23 students who take remediation, obtained an average score of pre-test is equal to 33.39 (highest 45) and the average score of post-test is equal to 89.69 (highest 100) so that it can be said that there is an increase in student learning outcomes after being given remediation using Dynamic Power Interactive Multimedia. From the results of calculations obtained using t-test t = 25.34, t-count > t-table then there is a significant difference in learning outcomes between before and after administration of remediation using Electrical Dynamic Interactive Multimedia. Remediation using Dynamic Power Interactive Multimedia effective for students with learning difficulties Effect Size criteria that is equal to 7.30 (high category).
Keywords: Remediation, Learning Outcomes, Effectiveness, Multimedia
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i4.1638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats