PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN KELIPATAN DAN FAKTOR MENGGUNAKAN PITA BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 09 BENUA KAYONG
Abstract
Kata kunci : Proses Pembelajaran, Pita Bilangan, Pembelajaran Matematika.
Selama ini, guru SD Negeri 09 Benua Kayong cenderung melakukan pengajaran yang bersifat informatif atau hanya transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika masih kurang. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan hasil siswa secara optimal yaitu dengan menggunakan pita bilangan.
Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan penggunaan pita bilangan, dilakukan diskusi dan demonstrasi dengan harapan siswa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Pada dasarnya penelitian ini di rancang dalam suatu tindakan yang biasa disebut siklus. Setiap siklus secara umum mempunyai model-model penelitian yang memiliki langkah-langkah yang sama Dalam penelitian ini bentuk penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan sifat kolaboratif.
Teknik dan alat pengumpul data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran, adapun sebagai alat pengumpulan data pada teknik observasi langsung menggunakan lembar observasi sedangkan alat pengumpul data pada teknik pengukuran ialah tes tertulis yang bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata dan persentase tes pada akhir siklus 1 diperoleh nilai rata rata siswa sebesar 64,1 kemudian pada akhir siklus 2 meningkat menjadi 84,1. Dengan demikian terjadi peningkatan 20 dari siklus 1. Langkah-langkah aktivitas juga menunjukkan perubahan dari siklus 1 ke siklus 2 yakni 3,4 di siklus 1 dan meningkat menjadi 3,9 di siklus 2.
Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan pita bilangan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 09 Benua Kayong dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa secara optimal.
Keyword : learning process, tape numbers, mathematics learning.
During this time, teachers SDN 09 Benua Kayong teaching tends to be informative or just transfer knowledge from teacher to students so that students have not been actively involved in the learning process. In addition, students' interest in learning math is still lacking. Therefore, a useful learning strategies to improve student outcomes optimally by using tape number.
One attempt to solve the above problem is to employ the use of tape number, discussions and demonstrations with hopes the students take an active role in learning so that student learning outcomes can be improved.
Basically, this study was designed in an act which is called cycle. Each cycle generally have research models that have the same measures in this study used a form of research that CAS (Classroom Action Research) with the collaborative nature.
Techniques and data collection tool in this research is to use the technique of direct observation and measurement techniques, while as a means of collecting data on direct observation techniques using observation sheets while data collection tool on the written test measurement technique is a qualitative.
The results showed that the average value and the percentage of tests at the end of cycle 1 obtained value - average of 64.1 students then at the end of cycle 2 increased to 84.1. Thus, an increase in 20 of cycle 1. Step-by-step activity also show changes from cycle 1 to cycle 2 which is 3.4 in cycle 1 and increased to 3.9 in cycle 2.
From the results obtained, the study by using a ribbon of numbers in elementary school students 09 Benua Kayong can enhance student learning in an optimal.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats