KELAYAKAN MEDIA VIDEO FLASH PENCEMARAN UDARA KELAS X SMA

B. Winda Cynthia Vinly, Entin Daningsih, Reni Marlina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video flash pencemaran udara sebagai media pembelajaran berbasis audio visual yang ditujukan untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi. Video flash memuat materi pembelajaran, video simulasi, dan disertai dengan evaluasi. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator ahli materi dan 3 orang validator ahli media. Hasil validasi video flash mendapatkan nilai sebesar 3,70 untuk ahli materi dan 3,28 untuk ahli media. Keduanya dikategorikan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pencemaran udara kelas X SMA. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui respon dan hasil belajar pada siswa.

Kata kunci: video flash, kelayakan, pencemaran udara

 

Abstract: This research aimed to determine the feasibility of video flash as the audio visual media for air pollution materials for grade X of Senior High School. This research was a descriptive study. Data collection were done by using validation instrument. Video flash contents consisted of material, simulation video with evaluation. Validation were validated by 3 material experts and 3 media experts. The results were 3,70 for material expert and 3,28 for media expert. They were categorized as valid and feasible for air pollution learning for grade X of Senior High School. However, further research needs to be done to determine the student’s response and understanding.

Keywords: video flash, feasibility, air pollution

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723