PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNTAN PONTIANAK

Susi Susanti, Junaidi H. Matsum, Endang Purwaningsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Untan Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bentuk penelitian adalah kausal. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Untan tahun 2012. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan t hitung sebesar 18,958 menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Jika dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 2.02439. Maka t hitung lebih besar daripada t tabel atau 18.958 > 2.02439 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 4.028+0.873X. Koefisien Determinasi pada penelitian menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas (X) yaitu pergaulan teman sebaya terhadap variabel terikat (Y) yaitu perilaku konsumtif sebesar 90.4%.

Kata kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif

Abstract: This study aimed to investigate the influence of peer relationships on consumptive behaviour economic education students FKIP Untan Pontianak. The research method used is a form associative method of research is kausal. Sources of data in this study is FKIP Untan economics education students in 2012. Data collection tools are observation, interview and questionnaire. Based on t count aqual to 18.958 indicates that there is influence of the independent variabel (X) on the dependent variabel (Y). When compared with the t tabel at 95% significance level of 2.02439. Then t count greater than t tabel or 18.958 > 2.02439 so that Ha is accepted and Ho rejected. The calculation of a simple linear regression aquation obtained Y = 4,028+0,873X. The coefficient of determination in this study suggests contibutions influence the independent variabel (X) that peer relationships to dependen variabel (Y) ie 90.4% of comsumptive behaviour.

Keywords: Peer Relationships, Comsumptive Behaviour


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723