REMEDIASI MISKONSEPSI CERMIN DATAR MENGGUNAKAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS CONCEPT CARTOONS DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan model learning cycle 5E berbantuan LKS concept cartoons dalam meremediasi miskonsepsi siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Pontianak pada materi cermin datar. Metode yang digunakan berupaPre Experimental Design dengan rancangan one group pretest-postest design. Instrumen dalam pengumpulan data berbentuk pilihan ganda bertingkat dua atau Two Tier Multiple Choice (TTMC) yang diujikan pada 34 orang siswa yang dipilih secara intact group. Hasil analisis data didapat penurunan rata-rata miskonsepsi siswa sebesar 22,61%. Hasil uji McNemar diperoleh rata-rata χ2Hitung (5,55) ˃ χ2Tabel (3,84) untuk db = 1 dan α = 5% maka secara keseluruhan terjadi perubahan konseptual yang signifikan dan harga effect size diperoleh nilai 0,36 (kategori sedang). Maka remediasi menggunakan model learning cycle 5E berbantuan LKS concept cartoons efektif untuk menurunkan jumlah miskonsepsi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif melaksanakan remediasi miskonsepsi siswa tentang pembentukan bayangan pada cermin datar.
Kata kunci: Remediasi, Learning Cycle, Concept Cartoons
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the use of models learning cycle 5E aided LKS concept cartoons in remediate misconceptions MIA class X SMAN 6 Pontianak on the plane mirror. The method used is Pre Experimental Design to design one group pretest - posttest design. Instruments in data collection shaped Two Tier Multiple Choice (TTMC) were tested on 34 students selected at intact group. Results of data analysis obtained an average decline of 22.61 % misconceptions students. McNemar test results obtained χ2average count (5,55) ˃ χ2Tabel (3,84) for db=1 and ∝=5%, overall significant conceptual changes and the value of the effect size obtained values of 0.36 (medium category). The result of this study are expected to be an alternative to remediate students misconception about the formation of images by a plane mirror.
Keywords: Remediasi, Learning Cycle, Concept Cartoons
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats