MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG SENAM LANTAI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI SDN 30 LADAK

Leonardo Fobia, Eka Supriatna, Edi Purnomo

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang selalu dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran senam lantai roll belakang siswa masih pada kesulitan saat melakukanya oleh karena itu metode bermain sebagai salah satu untuk membantunya agar kemampuan hasil belajar siswa bisa meningkat. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan siswa Sekolah Dasar Negeri Ladak yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan penelitian memberikan dampak positif pada siswa karena terdiri dari siklus I dan siklus II berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pembelajaran siklus I siswa yang baru lulus berjumlah 14 siswa atau 50% sedangkan siswa yang belum lulus berjumlah 14 siswa atau 50% maka dilanjutkan ke siklus II agar siswa memiliki kesempatan untuk perbaikan dengan metode bermain dengan demikian bisa dikategorikan dengan siswa lulus berjumlah 28 siswa dan belum lulus berjumlah 0 siswa.
Kata Kunci: Roll Belakang, Metode Bermain, Hasil Belajar
Abstract: The problem often faced by teachers during the learning gymnastics floor rear roll student is still in trouble when do it therefore play as one method to help her abilities can increase student learning outcomes. Forms of research is classroom action research (PTK). In a classroom action research (PTK) This is the subject of this study were teachers collaborate with public elementary school students Ladak totaling 28 students. Based on the results of research carried out research have a positive impact on students because it consists of the first cycle and the second cycle of planning, implementation, observation and reflection. Learning first cycle of students who have recently graduated amounted to 14 students or 50%, while students who have not passed the numbering 14 students or 50% then proceed to the second cycle so that students have an opportunity to repair the playing method can therefore be categorized by graduate (28 students) and yet graduate (0 students).
Keywords: Roll Back, Playing Methods , Results Learning

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i5.15292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats