PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN ILMUPENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 16
Abstract
Absrak: Judul penelitian ini adalahPeningkatan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Model Kooperatif Tipe STAD kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Mangkup Toba Sanggau. penelitian ini bertujuan untuk meningkatan proses pembelajaran yang mana pada kenyataannya guru lebih banyak berbicara sedangkan murid mendengarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar murid. Dari hasil ulangan semester ganjil, dari 30 murid hanya 9 murid yang tuntas atau sekitar 30% . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan kwalitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV berjumlah 30 orang terdiri 17 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Teknik yang digunakan observasi dan komunikasi langsung. Alat pengumpulan data lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian ternyata rancangan model kooperatif tipe STAD selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 47,5%. pada siklus II meningkat 74,5% dan pada siklus III meningkat menjadi 90,6%.
Kata kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Aktifitas , Proses Pembelajaran
Abstract: The title of this research is Increasing Learning Process of social Sciences by Cooperative Model STAD type at Grade 4th Student in SDN 16 Mangkup, Toba, Sanggau. The aim of this research is increasing the learning process, which the teacheris more active in speaking and the student are only listen so has effect to low of students result. From odd semester, from 30 students are only 9 students are completed or 30 %. The method of this research is descriptive, qualitative approach by research planning class action.The subyect of this research is teacher of the class and the 4 th student which total 30students, consists of 17girls and 13 boys. Tehnique that used is observation and direct communication. The tools of data collection are used observation sheets and interview sheets. The result of research is cooperative model planning STAD type that is increased at cycle I 47,5%.At cycle II is increased 74,5% and at cycle III is increased to 90,6%.
Keyword: Type STAD cooperative model, Activity, Learning process
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats