PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPAPESERTA DIDIK TUNA GRAHITA RINGAN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS V

Sarah Malimbu Pabuntang, Sri Utami, Marzuki .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini membahas lima masalah pokok yaitu (i) Bagaimana merancang pembelajaran IPA melalui metode diskusi. (ii) Bagaimana pelaksananan pembelajaran IPA melalui metode diskusi. (iii) Bagaimana aktivitas fisik peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui metode diskusi.(iv) Bagaimana aktivitas mental peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui metode diskusi. (v) Bagaimana aktivitas emosional peserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada peserta didik tuna grahita ringan di kelas V SDLB Negerti 25 Pusat Damai tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 7 orang pada mata pelajaran IPA. Pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Masing – masing siklus dilakukan satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumen, penilaian diri (refleksi). Kemudian data dianalisa untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui metode diskusi pada siklus pertama kemudian dilanjutkan pada siklus kedua. Aktivitas belajar peserts didik dari sisi  fisik, mental dan emosional meningkat dan  kriteria  ketuntasan minimal(KKM)  pencapaian hasil  belajar IPA adalah 60.

Abstract: This risearch is discuss five main problem (i) how to design science subject using discuss method. (ii) how to implementation science subject by using discuss method. (iii) how physical activity the students in learning science subject by using discuss method. (iv)  how mental activity the learners in learning science subject by using discuss method. (v) how emotional activities of learner in learning science sunject by using discuss method. The Class action research (CAR) is implementation to the mentally disabled person  in grade five SDLBN 25 Pusat Damai academic year 2012/2013 which amount seven students in science subject. The implementation is performed in two cycles. Every cycles doing in one meeting. The files gathered through observation, documents, and self assessment (reflection). And then analyzed  for know the learners activities in learning science subject by using discuss method in first cycles and then continued to the second cycles. The study activities from physical, mental, and emotional side is grow up and the criteria minimum passing grade (CMPG) achievement of learning outcomes is 60 in science subject.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.