PEMANFAATAN KANTONG BILANGAN MATERI PENGURANGAN TEKNIK MEMINJAM KELAS II SDN 11 SUNGAI RAYA KEPULAUAN
Abstract
Abstrak : Pembelajaran Matematika itu sulit untuk dipahami, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas kurang bersemangat, yang ada siswa terkesan takut terhadap mata pelajaran Matematika. Penyebab utama timbulnya masalah dalam penelitian ini adalah karena guru dalam mengajar masih bersifat konvensional, tanpa disertai penggunaan metode yang tepat apalagi penggunaan metode serta media pembelajaran yang tidak variatif, inovatif dan menyenangkan yang belum dapat menciptakan aktivitas, motivasi dan kegembiraan siswa dalam proses pembelajaran. untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan fokus permasalahan yang berhubungan dengan pemanfaatan kantong bilangan pada materi pengurangan dengan teknik meminjam diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas II SDN 11 Sungai Raya Kepulauan. Hal ini sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan bahwa pada proses pembelajaran siklus 1 diperoleh rata-rata keaktifan siswa 44,5% dan mengalami peningkatan pada siklus ke 2 yaitu 85% aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika meningkat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Kata Kunci : Peningkatan aktivitas Belajar, Pemanfaatan, Kantong Bilangan
Abstract: Learning Mathematics is difficult to understand, so that the activities of students in learning mathematics in class less excited, there are students who seem afraid of Mathematics. The main cause of problems in this study is that teachers in teaching is still conventional, without the use of appropriate methods especially the use of methods and media that are not varied, innovative and fun which has not been able to create activity, motivation and excitement in the learning process. for it is necessary for action research with a focus on issues related to the use of numbers in the bag with a technique borrowed material reduction is expected to enhance students' learning activities in class II Kingdom SDN 11 river islands. This is consistent with the data obtained in the field that the learning cycle 1 gained an average of 44.5% student activity and an increase in cycle 2 that 85% of students in learning mathematics activity increased according to the expected learning objectives.
Keywords: Increased activity of Learning, Utilization, Bag NumbersFull Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats