PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS II SDN 11 SUNGAI RAYA
Abstract
Abstrak : Kegiatan pembelajaran IPA yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA di kelas II SDN Sungai Raya Kepulauan. Penyebab utama timbulnya masalah dalam penelitian ini adalah karena guru dalam mengajar masih bersifat konvensional, tanpa disertai penggunaan metode yang tepat apalagi penggunaan metode pembelajaran yang variatif, inovatif dan menyenangkan yang dapat menciptakan aktivitas, motivasi dan kegembiraan siswa dalam proses pembelajaran. untuk itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan fokus permasalahan yang berhubungan dengan penggunaan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran IPA, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada kelas II SDN 11 Sungai Raya Kepulauan. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian adalah : guru sudah menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dengan baikterbukti dari persentase rata-rata tentang aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan dari 25% pada siklus 1 meningkat menjadi 78,73% pada siklus 2 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 26,23%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi,
Abstract: science learning activities at issue in this research is to improve students' learning activities using demonstrations on science learning in class II SDN Sungai Raya Kepulauan. The main cause of problems in this study is that teachers in teaching is still conventional, without the use of appropriate methods especially the use of varied teaching methods, innovative and fun to create activity, motivation and excitement in the learning process. for it is necessary for action research with a focus on issues related to the use of demonstration method in learning science, students' learning activities and learning outcomes of students in the class II SDN 11 Sungai Raya Kepulauan. The results obtained from the research are: teachers have implemented the method in learning science demonstration with baikterbukti than average percentage of students while attending the learning activity has increased significantly from 25% in cycle 1 increased to 78.73% in cycle 2 which means an increase of 26.23%.
Keywords: Learning Activity, Learning Science, Method Demonstration,
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats