PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Samsudin F 34210235, Sri Utami, Marzuki .

Abstract


Abstrak: Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 16 Mamal Bonti. Penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri dengan bantuan media lingkungan alam sekitar. Metode dan betuk yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian PTK . Subjek Penelitian yaitu 9 orang peserta didik kelas IV yang terdiri dari 3 laki-laki dan 6 perempuan yang mengalami kesulitan belajar IPA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diberikan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri peserta didik yang awalnya tidak aktif diwaktu belajar menjadi aktif dan setiap peserta didik juga mendapat nilai di atas standar KKM ( > 60 ), Melalui pendekatan inkuiri didalam pembelajaran akan mampu menumbuhkan sikap positif pada peserta didik dalam belajar IPA seperti kebiasaan kerja sama, sikap semangat kerja,saling mengeluarkan dan mengahargai pendapat antar sesama peserta didik, berani tampil, mandiri, dan bijaksana serta peserta didik mampu memanfaatkan segala jenis tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya sehari-hari baik sebagai obat-obatan maupun kebutuhan lain dengan sebaik mungkin.

Abstract: The title of this Research is the increase in the Natural Sciences Learning Activities Inquiry Approach In The Fourth Grade Students of SDN 16 mamal Bonti. Research aims to improve learners' learning activity in learning science through inquiry approach with the help of the media surrounding natural environment. Methods and betuk used is descriptive research TOD form. Research subjects are 9 people learners class IV consists of 3 men and 6 women who have difficulty learning science. The results of data analysis showed that after being given the inquiry approach to learning with students who were not initially active at a time when learning to be an active and individual learners also scored above the standard KKM (> 60), through an inquiry approach to learning will be able to grow in positive attitudes among students science learning as habits of cooperation, attitude sting work, each issued and opinion among fellow students, dared to be independent, and thoughtful, and learners are able to take advantage of any kind of plant to meet the needs in their daily lives as both drugs and other needs as well as possible.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats