UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Titin Sumiati, Sri Lestari, Lukmanulhakim .

Abstract


Abstrak: Perkembangan mengungkapkan bahasa anak usia 4-5 tahun yaitu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, menyebutkan kelompok gambar yang  memiliki bunyi yang sama, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui metode bercerita  pada anak usia 4-5 tahun di TK          Al-Izzah Kabupaten Bengkayang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yakni anak yang berjumlah 10 anak usia 4-5 tahun. Upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui metode bercerita dapat diketegorikan berkembang sangat baik yakni: anak dapat mengulang kalimat sederhana, dan anak dapat mengutarakan pendapat kepada orang lain.

 

Kata Kunci: Berkomunikasi, Bercerita

 

Abstract: Language reveals development of children aged 4-5 years is to answer more complex questions, mentioning groups of images that have the same sound, communicate verbally, vocabulary, and recognize the symbols for the preparation of reading, writing and arithmetic. This study aims to improve the ability to communicate through storytelling in children aged 4-5 years in kindergarten       Al-Izzah Bengkayang. Forms of this research is classroom action research with descriptive methods. The subject of research that children who were 10 children aged 4-5 years. Efforts to improve communication skills through storytelling can be developed very well diketegorikan namely : children can repeat a simple sentence, and children can express their opinions to others .

 Keyword: Communication, Storytelling

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.