PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN REALITAS KEHIDUPAN DALAM CERITA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA KELAS VII B

. Sukarmi, Chairil Effendy, Christanto Syam

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan memperbaiki pembelajaran dengan menciptakan media yang kreatif dan inovatif seperti media audiovisal.

Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode PTK ( penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sebawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Alat pengumpul data meliputi lembar observasi, APKG 1, APKG 2, lembar penilaian siswa, adapun data penelitian ini meliputi data perencanaan (desain pembelajaran), data proses dan data hasil. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menemukan realitas kehidupan dalam cerita anak pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sebawi. Perencanaan pembelajaran menemukan realitas kehidupan menggunakan media audiovisual diimplementasikan dalam silabus dan RPP.

 

Kata Kunci: Kemampuan realitas, cerita anak  dan MediaAudiovisual.

Abstract: This study aims ability to find the reality of life in the children’s story is by creating a creative an innovative media like audiovisual media. The research uses a qualitative approach using PTK ( research class actions) which will be held in Junior High School 2 Sebawi. Research conducted collaboratively with the involvement of subject teachers in Indonesia. Data colletion techniques used were direct observation techniques, APKG 1, APKG 2 appliance is technic observation and result of student writings. Techinc as for data analysis used in this study is the technique of descriptive qualitative supported by quantitative data. This action research has been able to express that the ability to discover the reality of a child’s life which was reflected in the children’s story VII B grade students of Junior High School 2 Sebawi. significantly increased through the use of the audiovisual mediumcanbeimproved.


Keyword : The ability , lifechild story, media Audiovisual


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723