KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYELENGGARAKN PENDIDIKAN SEKOLAH SATU ATAP DI KECAMATAN KUALA MANDOR

Indah Yuliastuti, M. Syukri ., Martono .

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan Sekolah Satu Atap di Kecamatan Kuala Mandor Kabupaten Kubu Raya. Peneliti mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan peneliti Kualitatif dengan mengambil kasus di SD N 21 Kuala Mandor B dan SMP N 5 Kuala Mandor B dalam mengimpletasikan kebijakan SD – SMP Satu Atap di Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya. Hasil peneliti di temukan bahwa berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan hasilnya, maka kepemimpinan kepala Sekolah dalam Menyelenggarakan pendidikan sekolah satu atap di Kecamatan Kuala Mandor Kabupaten Kubu Raya dengan Mengambil Kasus pada SD N 21 dan SMP N 5 Kuala Mandor B dapat di tarik kesimpulan : 1.) Perumusan visi dan Penjabaran misi dilakukan oleh kepala sekolah dengan melibatkan para guru dan pegawai yang selanjutnya disetujui melalui rapat dewan guru dan pegawai. 2.) Gaya Kepemimpinankepala sekolah dalam menyusun perencanaan program sekolah merupakan deskripsi dari gaya kepemimpinan Transformasional. 3.) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam perencanaan program sekolah yang telah di susun mencerminkan gaya kepemimpinan Transformasional.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Menyelenggarakan Pendidikan

Abstract : The purpose of this study was to reveal the principal's leadership in education at the District School One Roof Kuala Mandor, Kubu Raya. Researcher uses descriptive method with qualitative research approach by taking the case in SD N 21 Kuala Mandor B and SMP N 5 Kuala Foreman B in policy mengimpletasikan SD - SMP One Roof in District Overseer B Kuala Kubu Raya. The researchers' work is found that based on the findings of the study and discussion of the results, the leadership of the School of the Organizing school education one roof in the district of Kuala Mandor Kubu Raya to Take Case to SD N 21 and SMP N 5 Kuala foreman B can be deduced: 1. ) The formulation of the vision and mission translation done by the principal to engage teachers and employees were subsequently approved by the board meeting of teachers and employees. 2.) Style Kepemimpinankepala schools in planning school program is a description of a transformational leadership style. 3.) The Principal Leadership Style in planning school programs that have been collated reflect the transformational leadership style.

 

Keywords : Leadership , Principal , Education Organizing

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723