ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI BENTUK ALJABAR BERKAITAN DENGAN KONSEP DAN PRINSIP DI SMP

. Nurhamsiah, Halini ., Dian Ahmad

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam mempelajari bentuk aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip pada siswa kelas VIII di SMP Mujahidin Pontianak dan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII A yang dipilih dengan pertimbangan. Alat yang digunakan ialah tes tertulis yang berbentuk essay dan pedoman wawancara. Dari analisis data diketahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Kesulitan mengidentifikasi koefisien, variabel, suku sejenis, kesulitan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan suku yang bernilai positif dan negatif, kesulitan menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan suku tak sejenis, kesulitan menentukan hasil pengurangan suku satu dengan suku dua, kesulitan melakukan sifat distributif perkalian pada penjumlahan. Faktor penyebab kesulitan yakni tidak mengerti definisi koefisien, variabel, suku sejenis, tidak menguasai konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, tidak mengetahui konsep penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.

Kata kunci: Analisis Kesulitan, Faktor Penyebab

Abstract: This researchis aim todescribe the difficulties experienced by students in learning algebraic form related to the concept and principles of the eighth grade students in SMP Mujahidin Pontianak and the factors that cause students to experience learning difficulties.The method was used in this research is descriptive with case study type. The subject of this research are six students of Class VIII A whom purposive sampling. The instrument was used are written test in essaytype ad interview guideline. Form the data analys it found the difficulties and the factors that cause the difficulties experienced by the students. Difficulty identifying coefficient, variable, rate type, difficulty performing operations of addition and subtraction tribe that is positive and negative, difficulties in determining the results of operations of addition and subtraction rate was similar, the difficulty of determining the outcome rate reduction of the rate of two, difficulty performing distributive property of multiplication in sum , Factors that cause trouble that do not understand the definition of the coefficients, variables, similar parts, not master the concepts of addition and subtraction of integers, does not know the concept of addition and subtraction in the form of algebra.

Keywords: Diffiulties Analysis, Cause Factor


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723