PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA SMK-SMTI PONTIANAK

Indah Deskawati, Agus Wartiningsih, Djon Lasmono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, serta hasil belajar yang dicapai oleh siswa di kelas XI SMK-SMTI Pontianak. Metode dan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI C sebanyak 32 siswa. Hasil analisis pelaksanaan inkuiri dalam pembelajaran teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI C SMK-SMTI Pontianak sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama dan kedua. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua sudah mencapai nilai KKM dengan rata-rata  >70.

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks, Berdasarkan Kurikulum 2013

Abstrack: This study aims to investigate the implementation of learning undertaken by teachers, as well as the learning outcomes achieved by students in class XI SMK-SMTI Pontianak. Methods and forms used in this research is descriptive qualitative. The data source of this research was the subject teachers Indonesian and C class XI students as many as 32 students. Results of analysis of the implementation of inquiry learning complex explanatory text in class XI student of SMK-SMTI C Pontianak are in accordance with the curriculum of 2013. It can be seen from the value obtained by students in the first and second meetings. The result showed that mastery learning students at the first meeting and the second had reached the KKM with an average of >70.

Keywords: Writing Skills, Text explanation Complex, Based Curriculum 2013


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.