PENINGKATAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART SISWA KELAS X SMK LKIA PONTIANAK

Virgia Galma, Syambasril ., Agus Wartining

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan menulis karangan argumentasi menggunakan media Wall Chart dilihat dari kemampuan menulis diksi, kalimat efektif, paragraf, dan langkah-langkah menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMK LKIA Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Alur penelitian meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Wall Chart dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMK LKIA Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kondisi awal keterampilan menulis karangan argumentasi siswa dengan nilai rata-rata yang dicapai hanya sebesar 54,1. Setelah dilakukan tindakan menggunakan media Wall Chart pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 68,6. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 75. Oleh karena itu, dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 80,1 dalam kategori baik. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 11,5 dari siklus I ke siklus II sedangkan, dari prasiklus ke siklus I sebesar 14,5.

 

 

Kata kunci: Menulis, Argumentasi, Wall Chart

 

Abstract: This study aims to describe the increase in write essays using the media arguments Wall Chart viewed from the ability to write diction, effective sentences, paragraphs, and measures the argument essay writing in class X SMK LKIA Pontianak. This research is a classroom action research (PTK) with two cycles. Chronology of research include planning (planning), implementation (action), observation (observing) and reflection (reflecting). The results showed Wall Chart media use can improve the ability to write essays argumentation class X SMK LKIA Pontianak. Based on these results the initial conditions argument essay writing skills of students with average values ​​were achieved only at 54.1. After the act of using the media Wall Chart on the first cycle, the average value reached 68.6. Actions and the average value in the first cycle has not yet reached the objectives to be achieved. The average value to be achieved is 75. Therefore, the action cycle II. In the second cycle the average value achieved at 80.1 in both categories. This represented an increase of 11.5 from the first cycle to the second cycle while, from prasiklus to the first cycle of 14.5.

 

Keywords: Writing, Argument, Wall Chart


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.