DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS IX IPA SMA

Agus Arianto, Rachmat Sahputra, Rody Putra Sartika

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas IX IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Bentuk penelitian adalah deskriptif dengan metode studi kasus yang melibatkan 54 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan sebagian besar siswa memiliki pemahaman konsep dalam menentukan; (1) massa garam yang terlarut sebesar 48,15% dengan kategori cukup; (2) Ksp suatu larutan sebesar 46,29% dengan kategori cukup; (3) kelarutan dalam ion senama sebesar 81,48% dengan kategori kurang; (4) pH dalam ion senama sebesar 55,56% dengan kategori kurang; dan (5) terbentuknya endapan sebesar 61,11% dengan kategori cukup. Pemahaman konsep siswa rata-rata sebesar 46,1 dengan kategori cukup.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kelarutan, Hasil Kali Kelarutan.

Abstract: The purpose of the research was to describe the student's understanding concept in solubility and solubility product of grade IX IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. The form of the research was descriptive and the method of this research was case study that involved 54 students. The instrument used were a test of learning outcome in the form of essay and interview guide. The result showed most students had an understanding of the concept in determining; (1) the mass of dissolved salts was 48.15% with category: enough; (2) a Ksp solution was 46.29% with category: enough; (3) solubility in common ion was 81.48% with category: less; (4) pH in common ion was 55.56% with category: less; and (5) the forming of precipate was 61.11% with category: enough. The student’s understanding concept in average was 46.1 with category: enough.

Keywords: Concept, solubility, solubility product.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.