PENGARUH PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V

Riko Oktari Sandro, Sri Utami, K.Y. Margiati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 30 orang dan kelas VB yang berjumlah 27 orang. Hasil analisis data, diperoleh rata–rata post-test pada kelas ekperimen diperoleh sebesar 82,23 sedangkan kelas kontrol sebesar 58,44. Hasil perhitungan effect size data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 1,52 diklasifikasikan dalam kategori tinggi, yang berarti bahwa pendekatan penemuan terbimbing memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pontianak Tenggara.

 

Kata kunci: Pendekatan Penemuan Terbimbing, Hasil belajar

Abstract: This study aims to determine the effect of guided discovery approach to student learning outcomes in mathematics class V State Elementary School 37 Southeast Pontianak. The method used in this research is experiment with forms of Experimental Design Quasi research with the study design nonequivalent control group. The sample was graders VA totaling 30 people and VB classes totaling 27 people. Results of the data analysis, obtained an average post-test in experimental class obtained at 82.23 while the control class is 58.44. Effect size calculation result data of learners experimental class and control class is obtained of 1.52 is classified in the high category, which means that the guided discovery approach gives a high impact on learning outcomes of students in the fifth grade math at State Elementary School 37 Southeast Pontianak.

 

Keywords: Guided discovery approach, Learning approach


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.