PENGEMBANGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MELALUI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KECAKAPAN PEMECAHAN MASALAH

. Judan, Syahwani Umar, Edy Tandililing

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prototipe model desain pembelajaran Contextual Teaching Learning melalui multimedia yang relevan untuk memperoleh kecakapan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI SMA Negeri 2 Sekayam, Pebelajar kelas XI SMA Negeri 2 Sekayam dan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sekayam. Hasil penelitian ini adalah : (1) Desain model Contextual Teaching and Learning melalui multimedia dalam pembelajaran matematika untuk kecakapan pemecahan masalah merupakan desain yang membuat pebelajar dapat lebih mandiri dalam melaksanakan tugas-tigas belajar.(2). Meningkatkan keaktifan pebelajar dalam pembelajaran matematika, sehingga akan berdampak pada ingatan pebelajar tentang apa yang dipelajari akan lebih  lama  bertahan. (3) Meningkatkan inisiatif pebelajar untuk bertanya pada guru.

 

Kata Kunci :Pengembangan, Model Contextual Teaching and Learning.

 

Abstract: The purpose of this study is to describe a prototype model of instructional design Contextual Teaching and Learning through relevant multimedia to acquire problem-solving skills. This research is the development of research (Research and Development) with qualitative descriptive approach. The subjects were mathematics teacher in class XI SMA 2 Sekayam, learners class XI SMA 2 Sekayam and Head of State High School 2 Sekayam. The results of this study are: (1) Design model of Contextual Teaching and Learning with multimedia in teaching mathematics to problem-solving skills is a design that makes the learners can be more independent in performing these three tasks of learning. (2). Enhance the activity of learners in mathematics, so that will have an impact on learner retention of what is learned will last longer. (3) Increasing learner initiative to ask the teacher.

Keywords: Development, Model Contextual Teaching and Learning.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.