PENERAPAN PRAKTIKUM KONFRONTATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan praktikum konfrontatif pada materi sistem pencernaanmanusia terhadap hasil belajarsiswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah quasy eksperimental design denganrancangan non-equivalent control groupdesign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimendan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes hasilbelajar berbentuk esai yang terdiri atas 10 soal. Hasil analisis datamenunjukkan adanya perbedaan hasilbelajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rataskor hasil belajar di kelas eksperimen 23,62lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 20,18. Perhitungan N-Gain kelas eksperimen 0,74kriteria tinggi sedangkan kelas kontrolsebesar 0,59 kriteria sedang. Halini menunjukkan bahwa praktikumkonfrontatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistempencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak.Kata kunci : Konfrontatif, hasil belajar,sistem pencernaan.This study aims to determine the practical applicationof confrontational forward student learningoufcomes in the digestifive system of the material in eight grade ofjunior high school Pontianak. The form of this study is quasy experimentaldesigh with the design of noh equivalent control group design. The studysample was VIII B graders and graders VIII C. The instrument used was form of essaytest learning out comes consisting of tten questions. Data analysis showed student learning was significant differencesbetween the experimental class and the control class with average score of learning outcomesin the classroom is 23,62 , higher than the control class is 20,18. The calculation of grade N.Gain 0,74eksperimental class high oriteria of 0,59 while the control class criteriabeing based. For that showabout practicalapplication of confrontational canbe develoved the result study forwardstudent learning oufcomes in thedigestifive system of the material in eight grade of junior high schoolPontianak.Key Word: confrontational, resultlearn, digestifive system.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats