PENGARUH METODE INQUIRY TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV

Evi Nalisa, Suryani ., Kartono .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terstruktur terhadap hasil belajar murid dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 32 Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan pola One-Group Pre-test dan Post-test. Sampel penelitian ini adalah kelas IVB yang berjumlah 34 murid. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dari hasil tes terhadap hasil belajar murid dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 32 Pontianak Tenggara, rata-rata pre-test 41,44 dan rata-rata post-test adalah 69,55. Hasil analisis data dengan uji  t diperoleh  14,56, sedangkan  dan taraf signifikan (  = 0,05 adalah 1,6924. Karena  >  atau 14,56 > 1,6924 berarti signifikan Ha diterima. Setelah itu dilakukan perhitungan effect size, diperoleh harga ES = 2,42. Hal ini berarti pembelajaran dengan metode inquiry terstruktur memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar murid kelas IV SD Negeri 32 Pontianak Tenggara.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Metode inquiry terstruktur, Hasil Belajar.

Abstract : This study aims to determine the effect of a structured method of inquiry on learning outcomes of students in the learning of science in the fourth grade State Elementary School 32 Southeast Pontianak . The method used in this study is the experimental method , the pattern One- Group Pre -test and post -test. The sample was IVB classes totaling 34 students . By processing the data obtained from the results of tests on student learning outcomes in teaching natural science class IV State Elementary School 32 Southeast Pontianak , the average pre -test 41.44 and the average post-test is 69.55 . Results of data analysis obtained t_hitung t test 14.56 , while t_tabel and significant level ( α ) = 0.05 is 1.6924 . Because t_hitung > t_tabel or 14.56 > 1.6924 a significant means Ha accepted . After the calculation of effect size , the price obtained ES = 2.42. This means learning with structured inquiry methods provide a high impact on learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 32 Southeast Pontianak . This means learning with structured inquiry methods provide a high impact on learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 32 Southeast Pontianak. 

Keywords: Effect , Methods of structured inquiry , Learning Result


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.