EFEKTIVITAS METODE HANDS ON MINDS ON DISERTAI HERBARIUM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA

Irmi Nur Octavianti, Kurnia Ningsih, Titin ,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode Hands On Minds On disertai media herbarium terhadap hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMAN 1 Bengkayang. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan  metode Hands On Minds On disertai media herbarium sebesar 11,83 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 10,00. Dari uji U Mann Whitney, diperoleh Zhitung < - Ztabel yaitu -5,93 < -1,96, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Hands On Minds On disertai media herbarium dan pembelajaran konvensional. Nilai effect size pada penerapan metode Hands On Minds On tergolong tinggi yaitu sebesar 0,85 dan memberikan kontribusi sebesar 30,23%. Hal ini juga ditunjang dengan tingginya aktivitas siswa yaitu sebesar 89,11% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : metode Hands On Minds On, herbarium

Abstract: This research aimed to reveal the effectiveness of learning using the method of “Hands On Minds Onâ€with herbarium media on the student learning outcomes in the bio-diversity material of the tenth grade of SMAN 1 Bengkayang. It was a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. The instruments used were observation sheets and multiple-choice test consisting of 20 items. The average student learning outcome taught using the Hand On Minds On method with herbarium media  was 11.83, higher than the average student learning outcome taught using conventional teaching methods which was 10.00. The Mann Whitney U test showed that Zcount < - Ztable namely -5.93 < -1.96, meaning that there was a significant difference between student learning outcomes instructed using the Hands On Minds On method with herbarium media and the conventional instruction. The value of the effect size in the application of the Hands On Minds On method was relatively high i.e. 0.85 and contributed 30.23. This was also supported by the activity of students which amounted to 8.11% with a category of “very goodâ€.

Keywords: Hands On Minds On method, herbarium


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723