MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAN BERBANTUAN ANIMASI DI SMP

Desi Meliarti, Tomo Djudin, Haratua Tiur Maria S

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang melalui pembelajaran kontekstual berbantuan animasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 pontianak di kelas VIII I dengan subjek penelitian 40 orang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan indikator keberhasilan untuk setiap siklusnya minimal 70% dari siswa yang mengikuti tes  mencapai nilai ≥75 yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Berdasarkan teknik pengumpulan data dilihat dari hasil tes siswa yang berbentuk essay dan lembar observasi saat proses pembelajaran. Hasil tes yang dilaksanakan disetiap akhir siklus diperoleh persentasi indikator keberhasilan pada siklus I sebesar 72,22%, sedangkan persentasi indikator keberhasilan siklus II sebesar 77,50%, maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,28%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran kontekstual berbantuan animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Pembelajaran kontekstual berbantuan animasi dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi getaran dan gelombang.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Animasi.

Abstract: This aims research to improve student results learning outcomes in material vibration and waves through contextual learning assisted animation implemented at SMP 14 Pontianak class VIII I with  research 40 subjects students. This classroom action research conducted by two cycles whit indicator of the success of least cycles of at least 70% of students who take the test  reachad a value of  ≥75 which is held each end of the cycle. Based collection techniques seen from the test results of students in the from of essays and observation sheets during the learning process. Results of tests conducted at each end of the cycle perscentage success indicators obtained in cycle I at 72,22%, while the percentage indicator of the success of the second cycle II of 77,50%, then an increase from the cycle I  of the cycle II of 5,28%. Based on the results of the study indicate that  contextual learning asssisted animation as to improve student learning in the pressure of the vibration and waves material. Contextual learning assisted animation can be alternatif to student learning outcomes in material vibration and waves.

Keywords : Learning Outcomes, Contextual Learning,  Animation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.