PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK PEROLEHAN BELAJAR KONSEP “KERANGKA TUBUH” DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

. Sumindar, Fadillah ., H. Syahwani Umar

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan umum dan khusus, mengembangkan instrumen assessment, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, dan melakukan evaluasi formatif yaitu: (a) uji coba bahan secara perorangan dengan melibatkan tiga orang siswa, (b) uji coba kelompok kecil dengan melibatkan enam orang siswa dan (c) uji coba kelompok besar dengan melibatkan dua puluh delapan orang siswa. Subjek uji coba produk adalah pebelajar kelas V di SDN 5 Sungai Ambawang. Data dikumpulkan melalui angket pada saat uji coba. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan termasuk kategori “baik” dengan rata-rata skor 4,00 dan hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa aspek content termasuk kategori “baik” dengan rata-rata skor 4,10. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran materi pencernaan pada manusia layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SDN 5 Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Pembelajaran IPA

Abstract : This study aims to general and specific, to develop instruments assessment, develop learning strategies, developing and selecting learning materials, and conduct formative evaluation are: (a) the test material on an individual basis by involving three students, (b) small group trial involving six students and (c) large group trial involving twenty-eight students. Subject of product trials are learners in the class V SDN 5 Ambawang River. Data were collected through a questionnaire at the time of trial. Data were analyzed with descriptive analysis techniques. The results showed that the expert validation results show that aspects of display media including the "good" category with an average score of 4.00 and expert validation results show that the material aspects of the content including the "good" category with an average score of 4.10. Based on the results of the assessment, the instructional media on the human digestive material fit for use in science learning activities in SDN 5 Ambawang River, Kubu Raya, West Kalimantan. 

 

Keywords : Media Learning , Learning science 

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.