PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE

Henny Octavia Taem Nanu, Sri Utami, Abdussamad .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan model kooperatif tipe think-pair-share dalam pembelajaran IPS di kelas V SDS Nur Ilahi Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan aktivitas belajar pada baseline yaitu 37,31 % meningkat menjadi 48,98% pada siklus I, pada Siklus II meningkat menjadi 63,56%, kemudian meningkat menjadi 78,84% pada siklus III. Selisih peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 14,58%, kemudian selisih peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 15,28%. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang aktif, siklus II dikategorikan cukup aktif dan pada siklus III di kategorikan aktif.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas

Abstract: The aim of this Study is generaly to know increase student learning activities in social teaching in class V elementary school Nur Ilahi Ketapang. The metode used is descriptive metode. There is increased activity at baseline study is 37,31% increased to 48,98% in the first cycle, in the second cycle, increased to 63,56%, and then increased to 78,84% in the third cycle. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 14,58%, then the difference increased from second cycle to third cycle of 15,28%. Thus the average of student learning activities in first cycle are categorized lower active, the second cycle are categorized enough active, and in the third cycle are categorized active.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.