PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SEKOLAH DASAR

. Alpina, K. Y. Margiati ., Siti Halidjah

Abstract


Abstrak: Keluhan tentang rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VI Sekolah Dasar banyak faktor belum maksimalnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini yang menjadi faktor utamanya adalah guru jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran dan penyampaian materi dominan secara ekspositor/ceramah pada saat mengajar didalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci :  metode demonstrasi, hasil belajar siswa, konduktor dan isolator    panas.

 

Abstract: Complaints about low student learning outcomes in study Natural Scienc Grade VI Elementary School many factors not maximal student learning outcomes. In this case the main factor is the teachers rarely use the media in the learning process and delivery of content dominant expositor / lecture when teaching in the classroom. The purpose of this research is to improve student learning outcomes with the use of methods of demonstration. This study used a qualitative approach with the design of classroom action research. The subjects were teachers and students. Based on the results of this study concluded that the use of methods of demonstration can improve student learning  outcames.

Key words: method of demonstration, student learning outcomes, heat conductors and insulators.

 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.