MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Pinyuh. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode demostrasi sehingga pada siklus 1 rata-rata 56,66 % dan pada siklus 2 rata-rata 82,85 %. Terdapat selisih rata-rata 26,19% dikategorikan baik sekali. Dengan demikian bahwa perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat dilakukan oleh guru kelas IV dengan menggunakan metode demostrasi berhasil dengan baik.
Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, metode demostrasi.
Abstract : this Research have go to to to level it result study student of class IV Elementary school Country 11 Pinyuh's River. this research Method to use it class action research. this Research is done 2 cycle that consist from planning, execution, observation, and . the Result of studying action-execution with to use it method demostrasi until to cycle 1 average 56,66 % and to cycle 2 average 82,85 %. Got difference average 26,19% to be categorized very good. With such that the repairing of Knowledge Knowledge-studying Nature can be done by teacher IV's class with to use it method demostrasi succeed goodly.
Key Word : result Leveling study, demostrasi's method.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats