PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Siti Zubaidah, Sugiyono ., Endang Uliyanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan bahwa “Siswa di SDN 03 Sadaniang sebagian besar kurang menunjukkan aktivitas pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan sifat penelitiannya adalah kolaborasi dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil temuannya adalah terjadinya peningkatan dari siklus I, dan siklus II, (a) Aktivitas fisik siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata sebesar 74,24%, dan siklus II rata-rata sebesar 86,36%. Hasil penelitian aktivitas fisik di kategorikan “Sangat Baik”, (b) Aktivitas mental siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 67,04%, dan siklus II rata-rata sebesar 84,09%. Hasil penelitian aktivitas mental di kategorikan “Sangat Baik”,(c) Aktivitas emosional siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 72,72%, dan siklus II rata-rata sebesar 83,33%. Hasil penelitian aktivitas emosional di kategorikan “Sangat Baik”.

 

Kata Kunci:  Peningkatan, Aktivitas Siswa, Media Konkret

 

Abstract: This research is motivated by the findings on the ground that "Students at SDN 03 Sadaniang largely showed less activity in the learning process of Natural Sciences". The method used is descriptive form of action research and collaborative nature of the research is to follow the procedure of action research, including planning, implementation, observation, and reflection. Findings is the increase of the first cycle and the second cycle, (a) the physical activity of students using concrete media on learning of Natural Sciences has increased, in the first cycle by an average of 74.24%, and the second cycle an average of 86 , 36%. Results of the study of physical activity in the category "Very Good", (b) mental activity of students using concrete media on learning of Natural Sciences has increased in the first cycle by an average of 67.04%, and the second cycle an average of 84.09% , Results of the study of mental activity in the category "Very Good", (c) emotional activity students use concrete media on learning of Natural Sciences has increased in the first cycle by an average of 72.72%, and the second cycle an average of 83.33% , Results of the study of emotional activity in the category "Very Good".

 

Keywords: Improvement, Student Activities , Media Concrete  

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.