PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING TEKS DENGAN METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

. Asnawi, Sugiyono ., Endang Uliyanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan lafal, intonasi, dan jeda dengan baik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar Negeri 15 Sungai Kunyit. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan sifat penelitiannya adalah kolaborasi dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 15 Sungai Kunyit yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan dan guru. Terdapat peningkatan kemampuan siswa membaca nyaring teks bacaan dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat pada baseline yaitu 57,61% meningkat menjadi 71,79% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 86,55%. Selisih peningkatan dari baseline ke siklus I sebesar 14,18% kemudian selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,76%. Dengan demikian skor rata-rata kemampuan siswa membaca nyaring teks bacaan dengan lafal, intonasi, dan jeda yang tepat dikategorikan baik kemudian pada siklus II dikategorikan baik sekali.

 

Kata Kunci:  Kemampuan Membaca Nyaring, Metode Demonstrasi

 

Abstract: This research is motivated by the findings on the ground that "Students at SDN 15 Turmeric River still having trouble reading aloud with pronunciation, intonation, and pauses well in learning Indonesian". This study aims to improve the ability to read aloud. The method used is descriptive form of classroom action research with the nature of research is a collaboration by following the procedure of action research, including planning, implementation, observation, and reflection. Findings is an increase, (a) The ability of teachers plan learning in the first cycle of 2,80 with the category of "Good Enough" and the second cycle is equal to 3,70 to the category of "Very Good". (b) The ability of teachers to implement teaching in the first cycle of 2,86 with the category of "Good Enough" and the second cycle is 3,83 with the category of "Very Good". (c) The ability of students to read aloud the text reading with pronunciation, intonation, and pauses the proper use of the method demonstration on learning Indonesian in the first cycle reached an average percentage of 71,79% in the category "Good" and the second cycle mean The average percentage of 86.55% in the category "Very Good".

 

Keywords : Reading ability Loud, Method Demonstration

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.