ENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA KALOR DI SMP

Abdi Tri Kurnia, Edy Tandililing, Erwina Oktavianty

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 9 Pontianak pada materi kalor dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Siswa kelas VII G SMP Negeri 9 Pontianak yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan indicator keberhasilan 65 % siswa memperoleh nilai  75 pada tes hasil belajar dan pada motivasi belajar siswa dengan indicator keberhasilan 65 %. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,42 % dengan nilai rata-rata 72,2 dan pada siklus II sebesar 84,21 % dengan nilai rata-rata 78,3. Rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 84,64 %. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi, HasilBelajar, TAI

Abstract: TheAims of this research is to improve the motivation and study outcomes of VII G students of Junior High School 9 Pontianak on  kalor topic with cooperative learning model Team Asissted Individualization (TAI) type. Student of class VII G Junior High School9 Pontianak as participants in this study consisted of 22 girls and 16 boys. This study consisted of 2 cycles with an indicator of success was 65% student got a score of  75 in the study outcomes test and for students study motivation the indicator was 65%. The increase of the cycle I was 68,42% with an average value of 72,2 while the percentage of cycle II was 84,21% with an average value of 78,3. The average of students study motivation was 84,64%. Cooperative learnig model Team Assisted Individualization (TAI) type was expected to be used as an alternative to improve students motivation and study outcomes. TAI is can be used as an alternative to improve motivation and result of student.

 

Keywords: Motivation, Result of Learning, TAI

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.