PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

. Sonem, Sugiyono ., Kartono .

Abstract


Abstrak Penelitan ini  bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 Kuala Mandor. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dan peserta didik.  Dengan menggunakan kooperatif Think-Pair-Share(TPS). Di kelas V SD Negeri 22 Kuala Mandor terbukti mampu meningkatkan aktivitas peserta didik. Dari data yang telah diperoleh peningkatan aktivitas fisik dari baseline 16,58% ke siklua II 72,92% dengan selisih  56.34%

dikategorikan tinggi. Peningkatan aktivitas mental dari baseline 20.13% menjadi 66,78 pada siklus II dengan selisih 46.65% dikategorikan tinggi.  Peningkatan aktivitas emosional dari baseline 24.89% menjadi 69,79% di siklus II dengan selisih 44.09% dikategorikan tinggi.

 

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Kooperatif Think-Pair-Share, IPA

 

Abstract This research aims to improve students' learning activities in science teaching in class V State Elementary School 22 Kuala Foreman . The method used is descriptive method . The subjects were science teachers and learners . By using cooperative Think- Pair- Share ( TPS ) . In class V SD Negeri 22 Kuala foreman proven to increase the activity of learners . From the data that has been obtained by an increase in physical activity from baseline siklua II 16.58 % to 72.92 % with a margin of 56.34 %

categorized as high . Increased mental activity from baseline 20.13 % to 66.78 % in the second cycle by a margin of 46.65 % categorized as high . Increased emotional activity from baseline 24.89 % to 69.79 % in the second cycle by a margin of 44.09 % categorized as high .

 

 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.