PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS V

Iqbal Imanudin, Zainuddin ., Syamsiati .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan bentuk pre experimental design dengan rancangan one group pretest postest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 26 siswa. Hasil perhitungan uji-t data post-test siswa menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa  sebesar thitung > ttabel atau 14,152 > 1,708 yang berarti Ha diterima. Besarnya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan perhitungan effect size diperoleh  1,52 dengan kategori tinggi.

 

Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract: This research aims to analyze how much influence on the use of audio-visual media on student learning outcomes in learning Citizenship Education at State Elementary School class V 11 Pontianak City. The method used is a quasi-experimental methods, with pre experimental shape design with one group pretest posttest design. The population in this study amounted to 53 students. The sample in this research is class VB totaling 26 students. Results of t-test calculations of data post-test students to show there is influence the use of audio-visual media on student learning outcomes for thitung > ttabel or 14,152> 1,708 which means Ha accepted. The magnitude of the effect of the use of audio-visual media on learning outcomes of students in learning Citizenship Education uses the calculation of effect size of 1.52 was obtained with a high category.

 

Keywords: Media Audio Visual, Learning Outcomes


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.