PENGARUH FUNGSI PARPOL DALAM PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014

Nurhidayah Br.Manik, Yohanes Bahari, Wanto Rivaie

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fungsi Partai Politik dalam Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Umum Legislatif di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dengan bentuk Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumupulan data adalah angket, panduan wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 33.548 masyarakat Meliau yang terdaftar pada DPT dengan jumlah Sampel penelitian adalah 395. Hasil penelitian menunjukkan Fungsi Partai Politik dalam Pendidikan Politik berkategori baik (73,34%) dan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu Legislatif berkategori baik (68,39%). Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fungsi parpol dalam pendidikan politik terhadap partisipasi masyarakat dengan nilai r hitung (9,279) > r tabel (0,795). Nilai determinan R2 = 0,692 yang berarti sumbangan pengaruh budaya organisasi terhadap hasil belajar siswa adalah 69,2% dan sisanya 30,8% ditentukan oleh variabel lain.

Kata Kunci: Pendidikan Politik, Partisipasi Politik

Abstract: This research goals to determine the influence of politic party function on political education toward the society participation on legislative general election in Meliau municipal Sanggau regency. This research method is quantitative with descriptive form of research. The techniques of data collection are questionnaire, interview, and documentation study, while the data collection tools are questionnaire, interview guide, and documentation. The population in this research is 33.548 people of Meliau society that registered on  DPT with the sample is 395. The findings show that the party function on political education is good (73,34%) and society participation on legislative general election is good (68,39%). The hypothesis test results there is an influnce of politic party function on political education with r calculus (9,279) > r table (68,39). Determinant value R2= 0,692 means the influence of politic party function on political education toward the society participation on legislative general election is 69,2% and the remain 30,8% is influenced by other variables.

Keywords: Politic Education, Politic Participation

 


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats