PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DISIPLIN SISWA SMP NEGERI 11 KOTA PONTIANAK

Yuliana Margareta Tokuan, Wanto Rivaie, Imran .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk peran guru dalam pembentukan kepribadian disiplin siswa SMP Negeri 11 Kota Pontianak. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data primer penelitian yaitu 4 orang guru serta 3 orang siswa yang sering melakukan pelanggaran disiplin di SMP Negeri 11 Kota Pontianak dan data sekunder  berupa dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah berperan dalam pembentukan kepribadian siswa yang terdiri dari peran guru dalam mengarahkan seperti pengarahan serta pembiasaan. Kemudian peran guru dalam membimbing siswa yaitu adanya buku bimbingan, progam bimbingan dan membimbing pada kegiatan keagamaan. Selanjutnya  peran guru dalam mengawasi siswa dengan adanya buku pengawasan serta kerjasama antara orang tua dan sekolah. Peran guru yang terakhir ialah guru sebagai pemimpin yakni guru menjadi teladan baik bagi siswa serta bertindak sesuai dengan norma yang berlaku.

 

Kata kunci : Peran Guru, Kepribadian Disiplin.

Abstrack: The purpose of this study was to determine the teacher’s role on the development of the students of SMP Negeri 11 Kota Pontianak’s discilinary personality. This is a descriptive qualitative research. The data was taken from interview, observastion and documentation. The primary data sources consist of 4 teachers and 3 students who usually break the rules and the secondary data is documentations. The result of this study shows that the teachers have to always guide the students to make them be more discipline. In this case the teacher using guidance and counselling book, counselling program and established some religious organizatition. The teachers also connected the parents by using a book to improve the corporation of school and parents. Last, the writer found that teacher has role as leader, where the teacher be a good model to be exemplary for students.

Keyword: Teacher’s Role, Disciplinary Personality.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.