PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA VISUAL DARI BAHAN BEKAS PADA ANAK USIA TK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan penggunaan media bahan bekas dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kristen Immanuel Pontianak, 2) pelaksanaan penggunaan media bahan bekas dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kristen Immanuel Pontianak dan 3) hasil penggunaan media bahan bekas dalam peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kristen Immanuel Pontianak. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan berupa observasi, IPKG I, IPKG 2 dan wawancara. Langkah-langkah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan atau Observasi dan 4). Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan wawancara/percakapan, sesuai dengan teknik pengumpul data yang digunakakan, maka alat pengumpulnya adalah format observasi dan panduan wawancara. Hasil peneltian menunjukkan kemampuan mengenal bilangan berkembang cukup baik pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,75% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,41. Hal ini berarti motorik halus anak mengalami peningkatan sangat baik.
Kata Kunci: Mengenal Bilangan, Media Bahan Bekas
Abstract: The aim of this study was to determine: 1) planning of media use of scrap materials in improving the ability to know the number of children aged 5-6 years in kindergarten Immanuel Christian Pontianak, 2) the implementation of media use of scrap materials in improving the ability to know the numbers in 5-6 year old children in kindergarten Immanuel Christian Pontianak and 3) the results of the use of scrap materials media in improving the ability to know the number of children aged 5-6 years in kindergarten Immanuel Christian Pontianak. The form of this research is a class act. Analysis of the data used in the form of observation, IPKG I, IPKG 2 and interviews. The steps of this study are as follows: 1). Planning, 2). Implementation, 3). Observations or observation and 4). Reflection. The data analysis technique used is the observation / observation and interviews / conversations, according to the data collecting techniques be adopted, then the tool is a format pengumpulnya observation and interview guides. Research findings show the ability to know the number developing quite well in the first cycle to obtain an average of 68.75% and increased in the second cycle into 90.41. This means increased fine motor children very well.
Keywords: Know Your Numbers, Media Materials Used
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats