PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada Sekolah dasar Negeri 29 Sungai ambawang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. aktivitas fisik a. Memperhatikan pada siklus 1 sebesar 75%, siklus 2 sebesar 75 %, siklus 3 sebesar 90%. b. Mencatat siklus 1 sebesar 30%, siklus 2 sebesar 30 %, siklus 3 sebesar 65%, c. Mengerjakan latihan pada siklus 1 sebesar 80%, siklus 2 sebesar 85 %, siklus 3 sebesar 100%. 2. Aktivitas mental 1. Bertanya kepada guru pada siklus 1 sebesar 15%, pada siklus 2 sebesar 40 %, pada siklus 3 sebesar 50%, b. Menyimpulkan materi pada siklus 1 sebesar 15%, siklus 2 sebesar 45 %, pada siklus 3 sebesar 60%. c. Menjawab pertanyaan lisan pada siklus 1 sebesar 10%, siklus 2 sebesar 60 %, siklus 3 sebesar 75%, d. Mempresentasikan jawaban pada siklus 1 sebesar 15%, pada siklus 2 sebesar 50% selanjutnya pada siklus 3 sebesar 70% d. Merespon jawaban pada siklus 1 sebesar 10%, siklus 2 sebesar 50 %, siklus 3 sebesar 60%. 3. Aktivitas emosional, a. Bergembira pada siklus 1 sebesar 20%, siklus 2 sebesar 60 %, siklus 3 sebesar 75%, b. Berani tampil kedepan pada siklus 1 sebesar 15%, siklus 2 sebesar 45 %, siklus 3 sebesar 70%, c. Antusias dalam mengikuti pembelajaran yaitu pada siklus 1 sebesar 20%, siklus 2 sebesar 65 %, siklus 3 sebesar 75%. Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, baik aktifitas fisik, mental dan emosional.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Eksperimen, IPA
Abstract: Purpose of this study was to obtain information about the increased activity of the fourth grade students in learning science by using the experimental method at State Elementary School 29 Ambawang River. The method used is descriptive method. This research is a form of classroom action research (PTK). The study was conducted 3 cycles. The results showed that physical activity 1. a. Noting in cycle 1 was 75%, 75% cycle 2, cycle 3 by 90%. b. Recorded a 30% cycle 1, cycle 2 by 30%, 3 cycles at 65%, c. Doing exercises in cycle 1 by 80%, cycle 2 by 85%, 3 cycles of 100%. 2. Mental activity 1. Ask the teacher in cycle 1 by 15%, in the second cycle of 40%, in the third cycle of 50%, b. Summing up the matter at the first cycle by 15%, cycle 2 by 45%, in the third cycle of 60%. c. Answering an oral question on the 1 cycle of 10%, 60% cycle 2, cycle 3 by 75%, d. Presenting the answer to the first cycle of 15%, in the second cycle by 50% in the next 3 cycles of 70% d. Respond to answer the first cycle of 10%, 50% cycle 2, cycle 3 by 60%. 3. emotional activity, a. Rejoice in cycle 1 by 20%, 60% cycle 2, cycle 3 by 75%, b. Dare to come forward in the first cycle of 15%, 45% cycle 2, cycle 3 by 70%, c. Enthusiastic in participating in learning that the first cycle of 20%, 65% cycle 2, cycle 3 by 75%. The use of the experimental method can improve students' learning activities, both physical activity, mental and emotional.
Keywords: Learning Activity, Experimental Method, IPA
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i12.12823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats