Peningkatan hasil belajar siswa tentang struktur rangka manusia dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Benua Kayong
Abstract
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai belajar siswa khusus pada mata pelajaran IPA di Kelas IV. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yakni usaha meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN 05 Benua Kayong Kabupaten Ketapang yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN. 05 Benua Kayong. Data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa, dalam proses belajar mengajar.
Betuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pada dasarnya penelitian ini di rancang dalam suatu tindakan yang biasa disebut siklus. Setiap siklus secara umum mempunyai model-model penelitian yang memiliki langkah-langkah yang sama. Sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sifat penelitian kolaboratif.
Teknik dan alat pengumpul data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran, adapun sebagai alat pengumpulan data pada teknik observasi langsung menggunakan lembar observasi sedangkan alat pengumpul data pada teknik pengukuran ialah tes tertulis yang bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 72,25%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Dari hasil belajar yang diperoleh dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan metode demonstrasi maka dapat dikatakan pembelajaran tentang konsep sumber energi panas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Dengan melihat kekurangan yang terjadi dalam penelitian ini maka guru harus lebih dapat mengembangkan pembelajaran dengan keterampilan proses melalui metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga yang sederhana sehingga dapat menunjang materi yang akan diajarkan.
Kata Kunci: learning outcomes, method demonstrations, science learning.
The problem in this study is the low value of specific student learning in science subjects in Class IV. While the purpose of this research effort to improve student learning outcomes through the implementation of demonstration method in teaching Natural Sciences class IV Public Elementary Schools 05 Benua Kayong Regency Ketapang conducted in two cycles each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation and reflection. Objectives of this research is the student class IV Public Elementary Schools 05 Benua Kayong. Data obtained in the form of student learning outcomes, the teaching and learning process.
Betuk research used in this study is qualitative. Basically, this study was designed in an act which is called cycle. Each cycle generally have research models that have the same steps. While this type of research is Classroom Action Research (CAR) to the nature of collaborative research.
Techniques and data collection tool in this research is to use the technique of direct observation and measurement techniques, while as a means of collecting data on direct observation techniques using observation sheets while data collection tool on the written test measurement technique is a qualitative.
The results showed an increase from one cycle to the next cycle in terms of both activity and student learning outcomes. In the first cycle of 72.25% mastery learning. In the second cycle mastery learning students reach 100%. From the results obtained in studying Natural Sciences learning by applying the method of demonstration, it can be said of learning about the concept of heat sources to improve student learning outcomes.
By looking at the deficiencies that occurred in this study then the teacher should be able to develop learning skills through the process of demonstration method using simple props that can support material that will be taught.
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats