PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUNGAI MELAYU RAYAK KETAPANG
Abstract
Abstrak. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Media Lingkungan Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai Melayu Rayak Ketapang. Fakta yang terjadi pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Sungai Melayu Rayak menunjukkan bahwa materi tentang ciri khusus tumbuhan merupakan suatu materi yang belum begitu dipahami. Yang menjadi masalah umum dalam penelitian ini adalah, Apakah dengan penerapan media lingkungan dapat meningkatkan hasil pembelajaran ciri khusus tumbuhan di kelas VI SDN 01 Sungai Melayu Rayak Kabupaten Ketapang?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media lingkungan pada materi ciri khusus tumbuhan di kelas VI SDN 01 Sungai Melayu Rayak Kabupaten Ketapang. Jenis penelitian deskriptif, dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sifat kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media lingkungan pada materi ciri khusus tumbuhan di Kelas VI SDN 01 Sungai Melayu Rayak Kecamatan Sungai Melayu Rayak meningkat dari siklus pertama ketuntasan belajar dari 8 orang atau 40%, pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 17 siswa atau 85%, atau naik 70%.
Kata Kunci : pembelajaran, media lingkungan, hasil belajar
Abstract. Natural Sciences Learning Environment Using Media In Class VI Elementary School 01 Sungai Melayu Rayak Ketapang. The fact that occur in the sixth grade elementary school students 01 Sungai Melayu Rayak shows that materials on the specific characteristics of plants is a matter that has not been well understood. Its a common problem in this research is, "What's with the implementation of environmental media can improve learning outcomes specific characteristics of plants in the sixth grade Elementary School 01 Sungai Melayu Rayak Ketapang?" The aim of this study is to investigate the application of environmental media at a special characteristic plant material in class VI Elementary School 01 Sungai Melayu Rayak. Type a descriptive study, the shape of Classroom Action Research (CAR) with the collaborative nature. The results showed the use of the environment on the material characteristics of specific plants in Elementary School 01 Class VI Sungai Melayu Rayak District Sungai Melayu Rayak increase from the first cycle of mastery learning of 8 people or 40%, in the second cycle increased to 17 students or 85%, or up of 70%.
Keywords: learning, the environment, learning outcomes
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats