PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 04HULU SUNGAI KABUPATEN KETAPANG
Abstract
Abstrak: Peningkatan Kemampuan Berbiacara menggunakan Metode Bermain Peran dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 04 Hulu Sungai Kabupten Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan berbicara siswa Kelas V SDN 04 Hulu Sungai Kabupten Ketapang dalam pelajaran bahasa Indonesiadengan menggunakan metode bermain peran.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas.Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan diperoleh hasil nilai rata-rata tes awal pada siklus I adalah 72,8 dan nilai rata-rata tes akhir pada siklus II adalah 92,2. Nilaiyang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan berbicara siswa pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan metode bermain peran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci: peningkatan kemampuan berbicara, metode bermain peran.
Abstract: Improved ability Berbiacara using Method Play Role in Indonesian language SDN 04 V Class Kabupten Hulu Sungai Ketapang.
This study aimed to gain insight on improving students' speaking abilities SDN 04 V Class Upper River Kabupten Indonesiadengan Ketapang in language learning methods play peran.Metode research is descriptive method of research is a form of action research kelas.Berdasarkan analysis and data processing is done obtained results of the average value of the initial test on the first cycle is 72.8 and the average value of the final test on the second cycle was 92.2. Nilaiyang obtained indicate that there are differences in the results of students' speaking abilities in the first cycle and second cycle using role playing. It can be concluded that the use of role play can improve students' ability to speak in Indonesian language teaching.
Keywords: speech enhancement, methods of playing the role of
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats