PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI ASAM BASA DI SMA

Dwi Widiarti, Rachmat Sahputra, Rahmat Rasmawan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan lingkungan dan metode ceramah pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya materi asam basa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan nilai rata-rata ulangan akhir semester yang hampir sama. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket motivasi dan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Hasil uji t terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai 0,524. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan motivasi antara kelas kontrol dan eksperimen dengan effect size sebesar 1,15 dan persentase 37,49%. Hasil uji statistik terhadap post-test hasil belajar diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,026 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas kontrol dengan eksperimen dengan effect size sebesar 0,63 dan persentasenya 23,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Pendekatan lingkungan, Motivasi, Hasil belajar

Abstract. This study aims to determine differences in motivation and learning outcomes among students taught using environmental approaches and methods lectures on class XI IPA SMAN 1 Sungai Raya acid-base material. Forms of research is a quasi-experimental design with non-equivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling based on the average value of repetition end of the semester is almost the same. Data collection tool is questionnaire motivation and achievement test in the form of essay. T test results of the students' motivation obtained value  is 0.524. This means that the difference in motivation between control and experimental classes is not significant to the effect size of 1.15 and a percentage of 37.49%. Results of statistical test to post-test study results obtained Asymp value. Sig (2-tailed) 0.026, which means there is a difference between students' learning outcomes with the control class experiment with the effect size of 0.63 and a percentage of 23.57%. It can be concluded that learning with environmental approach can improve motivation and student learning outcomes. 

Keywords : Environmental approach , Motivation , Learning outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.