UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONTRASI DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII D SMP Negeri 2 Siantan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian siswa kelas VIII D dengan jumlah siswa 26 orang, 13 laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian pada siklus 1 nilai rata-rata 71,15 dan siklus 2 di peroleh rata-rata 93,84. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 76,92 % dan siklus 2 menjadi 96,15 % (KKM 70). Adapun persentase pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 76,92 % dan siklus 2 sebesar 96,15 %. Dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia.
Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Hasil bBelajar.
Abstract: This study is aimed to improve students’ result by using the model of direct learning with demonstration method on the material of human breathing system in VIII D class of SMP Negeri 2 Siantan. The form of this study is class action research. The samples are the 26 students of VIII D which consist of 13 boys and 13 girls. This study were conducted in two cycles. Based on the result of the first cycle, obtained the average score was 71,15 while on the second cycle was 93,84. The percentage of the result completeness on the first cycle was 76,92 and 96,15 % on the second cycle with (KKM 70). Based on both result of the learning process, can be concluded that by using the model of direct learning with demonstrating method can improve the result of the students on the material of human breathing system.
Keywords: The Model of Direct Learning, Learning Result.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats